Sabtu, 04 Agustus 2012

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI JUAL BELI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DI KELAS III SDN 2 PEJAWARAN

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Pada abad 21 ini, kita perlu menelaah kembali praktik-praktik pembelajaran di sekolah-sekolah. Peranan yang harus dimainkan oleh dunia pendidikan dalam mempersiapkan akan didik untuk berpartisipasi secara utuh dalam kehidupan bermasyarakat di abad 21 akan sangat berbeda dengan peranan tradisional yang selama ini dipegang oleh sekolah-sekolah.
Dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas III SD Negeri 02 Pejawaran dengan metode ceramah menyebabkan siswa menjadi kurang aktif. Beberapa siswa malah tampak tidak menyimak penjelasan yang disampaikan peneliti. Setelah selesai ceramah dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Biasanya siswa akan berkata paham dari penjelasan yang disampaikan peneliti tetapi ketika diberi pertanyaan semuanya diam.
Untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dilaksanakan tes formatif. Setelah dikoreksi ternyata dari 21 siswa hanya 6 siswa yang mendapat nilai di atas atau sama dengan 60 (kriteria ketuntasan minimal). Ini berarti yang mencapai ketuntasan belajar hanya 28,57%. Pada studi pendahuluan peneliti juga melakukan pengamatan terhadap keaktifan belajar siswa. Dari jumlah 21 siswa di kelas tersebut ternyata baru 7 siswa atau 33,33% yang aktif dalam pembelajaran. Sisanya 14 siswa atau 66,67% belum aktif.
Dari hasil diskusi terungkap beberapa masalah yang terjadi dalam pembelajaran, yaitu :
1.   Motivasi belajar siswa rendah.
2.   Siswa kurang aktif dalam mengikuti pelajaran.
3.   Siswa kurang bersungguh-sungguh dalam belajar.
4.   Prestasi siswa terhadap materi yang diajarkan rendah.

Menyadari keadaan tersebut, dengan berbekal kejujuran dan keterbukaan, peneliti mencoba melakukan diagnosa terhadap pembelajaran yang telah dilakukan kemudian mencoba untuk melakukan perbaikan melalui penelitian tindakan kelas ( PTK ) di tempat peneliti bertugas. Berdasar refleksi diri, kajian berbagai dokumen dan diskusi dengan teman sejawat serta bertanya kepada Kepala Sekolah ditemukan faktor penyebab rendahnya prestasi belajar siswa terhadap materi yang diajarkan karena :
1.   Metode yang digunakan peneliti kurang menarik
2. Peneliti kurang mampu menciptakan kondisi pembelajaran yang membangkitkan keaktifan belajar siswa
Menyadari kenyataan tersebut perlu adanya alternatif perbaikan pembelajaran yaitu dengan :
1.      Mengajar menggunakan media yang bervariasi
2.      Menggunakan model pembelajaran yang sesuai
Dengan mempertimbangkan faktor penyebab di atas alternatif pemecahan masalah yang akan ditempuh diorientesikan pada inovasi model mengajar. Yaitu penggunaan model pembelajaran yang sesuai dalam hal ini menggunakan model kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS),oleh karena itu peneliti tertarik mengadakan PTK dengan “Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Jual Beli Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share di Kelas III SDN 02 Pejawaran Kabupaten Banjarnegara.”

B.   Perumusan Permasalahan
Merujuk pada uraian latar belakang di atas, dapat dikaji ada beberapa permasalahan yang dirumuskan sebagai berikut:
1.   Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi jual beli di kelas III SD Negeri 02 Pejawaran?
2.   Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada materi jual beli di kelas III SD Negeri 02 Pejawaran?

C. Tujuan Penelitian
Berdasar atas rumusan masalaah di atas, maka tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah:
1.   Meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi jual beli melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share di kelas III SD Negeri 02 Pejawaran
2.   Meningkatkan keaktifan belajar siswa pada materi jual beli melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share di kelas III SD Negeri 02 Pejawaran

D. Manfaat Penelitian
1.   Bagi siswa :
a.   Meningkatnya motivasi belajar.
b.   Dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran
c.   Mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran
d.   Dapat meningkatkan prestasi belajar siswa
2.   Bagi Guru
a.  Dapat menambah pengetahuan guru dalam mengatasi masalah belajar siswa
b.   Sebagai salah satu bahan pustaka bagi guru untuk lebih meningkatkan inovasi guru dalam metode pembelajaran
3.   Bagi Sekolah
Membantu meningkatkan mutu pendidikan sekolah seiring meningkatnya kemampuan guru

 Untuk mendapatkan file skripsi ini lengkap silahkan klik disini
Judul: PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI JUAL BELI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DI KELAS III SDN 2 PEJAWARAN; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar