Sabtu, 04 Agustus 2012

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA REPLIKA BANGUN RUANG DI KELAS IV SD NEGERI 01 GIRITIRTA

BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang Masalah
Pendidikan merupakan usaha sadar orang dewasa dalam hal ini guru pada orang yang belum dewasa yaitu siswa agar mengalami perkembangan potensi bakat dan kemampuannya. Apapun mata pelajarannya dan siapapun gurunya tentu berharap agar pembelajarannya dapat diikuti siswa sehingga prestasi belajarnya meningkat.
Peneliti sebagai guru kelas IV SD Negeri 01 Giritirta juga berharap agar pembelajarannya di kelas dapat diikuti oleh siswa secara bermakna sehingga siswa tuntas pada materi yang diajarkan.
Kenyataan yang terjadi di lapangan tidaklah demikian. Setelah dilakukan studi pendahuluan melalui tes formatif. Ternyata dari 37 siswa hanya 7 siswa atau 18,91% yang tuntas. Nilai tertinggi 70, terendah 35 dan rata-ratanya baru mencapai 46,75. Demikian juga mengenai keaktifan belajar siswa juga rendah. Dari 37 siswa baru 8 siswa atau 21,62% yang aktif belajar.
Kenyataan tersebut terjadi karena :
1.      Guru dalam menjelaskan materi bangun ruang dan bangun datar ini biasanya selalu menggunakan metode ceramah.
2.      Guru belum menggunakan alat peraga yang sesuai.
Melihat masalah yang terjadi peneliti berharap untuk dapat membantu siswa dalam mengatasi masalah dalam proses pembelajaran matematika khususnya pada pokok bahasan bangun ruang yaitu dengan :
1.      Mengajar dengan menggunakan metode yang tepat.
2.      Menggunakan alat peraga yang sesuai.
Peneliti ingin menanamkan pemahaman konsep dan pembinaan keterampilan sehingga siswa dapat berpikir kritis dan teliti dengan menggunakan suatu metode alat peraga yang dibuat sendiri yaitu replika bangun ruang yang terdiri dari kubus, balok dan kerucut serta jaring-jaring kubus dan balok. Alat sederhana yang mudah pembuatannya dan praktis penggunaannya sehingga siswa bisa lebih mudah mengerti pokok bahasan bangun ruang dan bangun datar yang diajarkan oleh guru.

B.     Perumusan Permasalahan
1.      Apakah penggunaan alat peraga replika bangun ruang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi bangun ruang di kelas IV SD Negeri 01 Giritirta?
2.      Apakah penggunaan alat peraga replika bangun ruang dapat meningkatkan keaktifan belajar belajar siswa pada materi bangun ruang di kelas IV SD Negeri 01 Giritirta?

C.    Tujuan Penelitian
1.     Meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi bangun ruang melalui penggunaan alat peraga replika bangun ruang di kelas IV SD Negeri 01 Giritirta.
2.  Meningkatkan keaktifan belajar siswa pada materi bangun ruang melalui penggunaan alat peraga replika bangun ruang di kelas IV SD Negeri 01 Giritirta.

D. Manfaat Penelitian
1.   Bagi siswa :
a.   Dapat berfikir kritis dan teliti.
b.   Dapat mengganggap matematika adalah pelajaran yang menyenangkan
c.   Dapat meningkatkan keaktifan siswa
d.   Dapat meningkatkan hasil belajar siswa
2.   Bagi Guru
a. Dapat meningkatkan dan memperbaiki kualitas pembelajaran yang disesuaikan dengan tujuan, materi dan kondisi siswa
b.   Dapat meningkatkan kemampuannya dalam merancang model pembelajaran yang sesuai dengan materi sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik
3.   Bagi Sekolah
Membantu meningkatkan mutu pendidikan sekolah seiring meningkatnya kemampuan guru

Untuk mendapatkan file skripsi ini lengkap silahkan klik disini 
Judul: PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA REPLIKA BANGUN RUANG DI KELAS IV SD NEGERI 01 GIRITIRTA; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar