Sabtu, 04 Agustus 2012

PENERAPAN MODEL COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DI KELAS IV SD NEGERI 02 KARANGSARI

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Di dalam pengajaran Bahasa Indonesia, ada tiga aspek yang perlu diperhatikan, yaitu aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotor. Ketiga aspek itu berturut-turut menyangkut ilmu pengetahuan, perasaan, dan keterampilan atau kegiatan berbahasa. Kalau pengajaran bahasa terlalu banyak mengotak-atik segi gramatikal saja (teori), murid akan tahu tentang aturan bahasa, tetapi belum tentu dia dapat menerapkannya dalam tuturan maupun tulisan dengan baik. Kemampuan siswa terutama dalam membaca pemahaman sangat terasa kurang khususnya di sekolah tempat penulis mengajar yaitu pada kelas IV di SD Negeri 02 Karangsari Kecamatan Pejawaran Kabupaten Banjarnegara. Penulis memberikan sebuah teks bacaan kemudian para siswa diminta untuk membaca dan menjawab pertanyaan sesuai dengan isi teks bacaan. Dari 13 siswa yang hadir dan mampu menjawab pertanyaan, menceritakan kembali isi teks bacaan serta memberikan tanggapan yang sesuai dengan isi teks bacaan hanya 2 siswa atau sekitar 15,38 %, sedangkan sisanya 11 orang atau sekitar 84,62 % kurang memahami dan tidak dapat memberikan tanggapan atas teks bacaan yang telah dibacanya. Hal ini menunjukkan kurangnya pemahaman siswa dalam memahami isi teks bacaan.
Menurut penulis, rendahnya kemampuan memahami isi teks bacaan disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang belum tepat. Belum tepatnya metode pembelajaran yang diterapkan oleh penulis di kelas menyebabkan banyak siswa yang sulit memahami isi teks bacaan yang diberikan penulis. Penulis merasa metode ini paling mudah dilaksanakan tetapi ternyata tidak cocok dan tidak bisa meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman. Selama ini penulis belum pernah mencoba model Cooperative, Integrated, Reading, And Composition (CIRC) dalam proses pembelajaran siswa di kelas IV SD Negeri 02 Karangsari.
Materi ulangan yang bersifat pemahaman wacana agar siswa dapat menjawab soal yang berhubungan dengan wacana itu dapat menimbulkan motivasi penulis untuk dapat memperoleh metode yang tepat agar siswa dapat lebih memahami isi dari suatu teks bacaan. Penulis berharap dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman sehingga siswa dapat lebih mudah mengerti dan menceritakan kembali serta menjawab soal-soal yang berhubungan dengan isi teks bacaan itu.
Penulis berpendapat metode pembelajaran yang tepat untuk siswa di kelas IV SD Negeri 02 Karangsari dalam pelajaran Bahasa Indonesia khususnya konsep membaca pemahaman bacaan adalah model Cooperative, Integrated, Reading, And Composition (CIRC). Model ini digunakan untuk melatih siswa dalam suatu kelompok yang heterogen untuk membaca bergantian, menemukan kata kunci dari wacana tersebut serta memberikan tanggapan terhadap wacana kemudian menuliskan hasil kolaboratifnya atau menceritakan kembali isi wacana yang diberikan dengan mudah.
Dari masalah-masalah yang timbul dalam proses pembelajaran di kelas IV SD Negeri 02 Karangsari dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada konsep pemahaman bacaan antara lain kurangnya kemampuan siswa untuk memahami isi teks bacaan sehingga menyebabkan sulitnya siswa menjawab soal-soal yang berhubungan dengan wacana atau ketidakmampuan siswa menceritakan kembali isi teks bacaan yang diberikan.
Sebab itu penulis berpendapat mengganti metode pembelajaran yang terdahulu dengan suatu metode pembelajaran yang dianggap lebih cocok dan mempermudah siswa dalam memahami isi teks bacaan. Untuk itu penulis mengambil judul penelitian “Penerapan Model Cooperative, Integrated, Reading, And Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Di Kelas IV SD Negeri 02 Karangsari.
Oleh karena itu penulis mencoba menerapkan model Cooperative, Integrated, Reading, And Composition (CIRC) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman di kelas IV SD Negeri 02 Karangsari.

B. Perumusan Permasalahan
Penulis merumuskan permasalahnnya sebagi berikut:
  1. Bagaimanakah penerapan model Cooperative, Integrated, Reading, And Composition (CIRC) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman di kelas IV SD Negeri 02 Karangsari?
  2. Apakah penerapan model Cooperative, Integrated, Reading, And Composition (CIRC) dapat meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia konsep membaca pemahaman di kelas IV SD Negeri 02 Karangsari?
  3. Apakah penerapan model Cooperative, Integrated, Reading, And Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman di kelas IV SD Negeri 02 Karangsari?

C. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini untuk:
  1. Menggambarkan langkah-langkah penerapan model Cooperative, Integrated, Reading, And Composition (CIRC) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman di kelas IV SD Negeri 02 Karangsari.
  2. Meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia konsep membaca pemahaman melalui penerapan model Cooperative, Integrated, Reading, And Composition (CIRC) di kelas IV SD Negeri 02 Karangsari.
  3. Meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui penerapan model Cooperative, Integrated, Reading, And Composition (CIRC di kelas IV SD Negeri 02 Karangsari.
D. Manfaat Penelitian
1.      Manfaat Teoritis
Diharapkan hasil penelitian ini bisa menjadi bahan dan acuan teoritis untuk penelitian-penelitian selanjutnya.
2.      Manfaat Praktis
a.       Bagi Siswa
1)      Meningkatnya kemampuan siswa dalam pemahaman bacaan
2)      Mengembangkan kemampuan siswa untuk menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan bacaan serta dapat menceritakan kembali bahan bacaan tersebut
3)      Meningkatkan hasil belajar siswa
b.      Bagi Guru
1)   Memberikan informasi kepada guru tentang metode pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran Bahas Indonesia
2)   Sebagai salah satu bahan pustaka bagi guru agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa
c.       Bagi Sekolah
Sekolah sebagai penentu kebijakan dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia

Untuk mendapatkan file skripsi ini lengkap silahkan klik disini
Judul: PENERAPAN MODEL COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DI KELAS IV SD NEGERI 02 KARANGSARI; Ditulis oleh Zulkhair Amri; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar