Sabtu, 04 Agustus 2012

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DI KELAS V SD NEGERI 1 GIRITIRTA

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah
Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh siswa khususnya pada tingkat pendidikan dasar adalah sulitnya siswa menguasai suatu materi pelajaran yang diajarkan. Upaya peningkatan penguasaan materi terus dilakukan oleh sekolah dan para guru yang antara lain dengan pengembangan paradigma baru dan penerapan berbagai metode atau model pembelajaran secara bervariatif.
Berdasarkan pengamatan peneliti pada waktu observasi, kenyataan dilapangan khususnya pada pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri 1 Giritirta Kecamatan Pejawaran Kabupaten Banjanegara tingkat penguasaan materi siswa dalam mata pelajaran IPS di kelas V masih cukup rendah. Berdasarkan hasil ulangan harian materi pembelajaran IPS tentang perjuangan mempertahankan kemerdekaan, diperoleh data dari 41 siswa ternyata siswa yang mendapat nilai 80 keatas hanya 7 orang, nilai 60-80 ada 10 orang, sedangkan 24 orang memperoleh nilai dibawah 50. Hal ini menunjukkan tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang disampaikan hanya sebesar 17,07% yang menguasai materi > 80%, 24,39% siswa yang menguasai antara 60-80% materi sedangkan sisanya sebesar 58,54% siswa kurang menguasai materi. Hal ini menunjukkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS masih rendah.
 Rendahnya hasil belajar IPS dikarenakan peneliti kurang optimal dalam memanfaatkan maupun memberdayakan sumber pembelajaran karena pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri 1 Giritirta Kecamatan Pejawaran Kabupaten Banjanegara cenderung masih berpusat pada guru (teacher centered), dan text book centered. Peneliti masih mendominasi proses pembelajaran sedang siswa masih nampak pasif. Peneliti lebih banyak menggunakan metode ceramah dalam setiap penyampaian materi pelajaran IPS, karena menurut peneliti tersebut metode ceramah merupakan metode yang paling mudah dilaksanakan oleh setiap guru. Hal ini menyebabkan banyak siswa di SD Negeri 01 Giritirta Kecamatan Pejawaran Kabupaten Banjanegara menganggap proses pembelajaran IPS ini adalah sesuatu yang membosankan, monoton, kurang menyenangkan, terlalu banyak hafalan, kurang variatif dan berbagai keluhan lainnya.
Mengajar bukan semata persoalan menceritakan. Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja siswa sendiri. Penjelasan dan pemeragaan semata tidak akan membuahkan hasil belajar yang memuaskan. Yang bisa membuahkan hasil belajar yang memuaskan antara lain dengan tingginya tingkat penguasaan materi pembelajaran.
Peneliti berharap siswa dapat diarahkan untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu metode atau model pembelajaran yang bisa diterapkan agar siswa menjadi dan lebih dapat mengusai materi menurut peneliti adalah Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Model pembelajaran ini merangsang siswa untuk mengembangkan kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang berorientasi pada masalah dari kehidupan aktual siswa. Metode ini juga melatih siswa untuk menggunakan otak, mengkaji gagasan, memecahkan masalah, dan menerapkan apa yang mereka pelajari. Belajar aktif harus gesit, menyenangkan, bersemangat dan penuh gairah. Siswa bahkan sering meninggalkan tempat duduk mereka, bergerak leluasa dan berfikir keras (moving about dan thinking aloud).
Melihat masalah-masalah yang timbul diatas diantaranya kurangnya kemampuan siswa untuk menguasai materi pelajaran terutama pelajaran IPS pada kelas V di SD Negeri 1 Giritirta Kecamatan Pejawaran Kabupaten Banjanegara yang berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa, peneliti akan mencoba menerapkan model pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi perjuangan mempertahankan di kelas V SD Negeri 1 Giritirta.

B. Perumusan Permasalahan
Bertitik tolak dari latar belakang diatas maka peneliti merumuskan permasalahannya sebagi berikut:
  1. Bagaimanakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan di kelas V SD Negeri 1 Giritirta?
  2. Apakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan di kelas V SD Negeri 1 Giritirta?
  3. Apakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan di kelas V SD Negeri 1 Giritirta?
C. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk:
  1. Mendiskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan di kelas V SD Negeri 1 Giritirta.
  2. Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) di kelas V SDN 1 Giritirta.
  3. Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) di kelas V SDN 1 Giritirta.
D. Manfaat Penelitian
1.      Manfaat Teoritis
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dalam pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya yang berhubungan langsung dengan pelajaran IPS di Sekolah Dasar khususnya SDN 01 Giritirta Kecamatan pejawaran Kabupaten Banjanegara
2.      Manfaat Praktis
a.       Bagi Siswa
1)      Meningkatnya penguasaan materi pelajaran siswa khususnya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
2)      Meningkatkan kualitas siswa untuk menyelesaikan masalah yang berorientasi pada masalah dari kehidupan siswa
3)      Meningkatkan hasil belajar siswa
b.      Bagi Guru
1) Dapat menambah pengetahuan guru dalam mengatasi masalah belajar siswa
2)   Sebagai salah satu bahan pustaka bagi guru agar dapat meningkatkan hasil siswa
c.       Bagi Sekolah
Sekolah sebagai penentu kebijakan dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

                 Untuk mendapatkan file skripsi ini lengkap silahkan klik disini
Judul: PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DI KELAS V SD NEGERI 1 GIRITIRTA; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar